Home   Artikel “Kreativitas itu diciptakan bukan dilahirkan…” (A. Einstein)

“Kreativitas itu diciptakan bukan dilahirkan…” (A. Einstein)

Dunia Anak Kreatif
Dunia anak adalah dunia yang kreatif. Ini bisa kita lihat dari ciri-ciri umum yang dominan pada anak, yaitu : 1. Spontanitas
2. Rasa tahu yang tinggi
3. Suka hal-hal yang baru.

Dari ciri-ciri ini, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya semua anak adalah kreatif. Semua ciri-ciri anak kreatif ini bisa dikembangkan diciptakan.
Seorang tokoh jenius dan kreatif dunia : Albert Einstein pun berkata bahwa :”Kreativitas itu diciptakan bukan dilahirkan”. Einstein berkata seperti itu karena latar belakangnya yang kurang menguntungkan bagi Einstein dan keluarganya.
Jadi bukan semata keturunan seorang anak bisa menjadi kreatif. Namun peran lingkungan dan Anda sebagai orang tua juga sangat berpengaruh bagi perkembangan kreativitas anak.
Untuk mengenali lebih detil tentang ciri anak kreatif, ada beberapa ciri-ciri anak kreatif :
a. Lancar berpikir
Anak bisa memberi banyak jawaban terhadap suatu pertanyaan yang Anda berikan. Inilah salah satu kehebatan anak kreatif. Anak mampu memberikan banyak solusi dari sebuah masalah yang dihadapinya. Kemampuan ini sangat penting untuk dikembangkan. Dunia ini penuh masalah dan tantangan. Semakin kreatif seseorang, maka ia akan dengan mudah menjawab semua masalah dan tantangan hidupnya dengan kreativitasnya.
b. Fleksibel dalam berpikir
Anak mampu memberi jawaban bervariasi, dapat melihat sutu masalahdalam berbagai sudut pandang (fleksibilitas), sehingga anak akan dengan mudah menyesuaikan diri dalam berbagai keadaan.
c. Orisinil (asli) dalam berpikir
Anak dapat memberi jawaban-jawaban yang jarang diberikan anak lain. Jawaban baru biasanya tidak lazim atau kadang tak terpikirkan orang lain.
d. Elaborasi
Anak mampu menggabungkan atau memberi gagasan-gagasan atas jawaban yang dikemukakan, sehingga ia mampu untuk mengembangkan, memperkaya jawabannya dengan memperinci sampai hal-hal kecil.
Nah setelah kita mengetahui ciri-ciri tersebut,
– Apakah kita sebagai orang tua mampu untuk mempertahankan kreatifitas anak ?
– Apakah kita menerima segala kelebihan dan kekurangan anak kita dan apakah kita mensugesti mereka bahwa mereka mampu atau sebaliknya ?
– Sudahkan kita memberikan waktu, tempat, kemudahan dan bahan-bahan agar anak ki ta kreatif ?
– Sudahkah kita memberi penguatan terhadap hasil kreasi anak atau justru melemahkannya ?

Sumber : http://pgtk–darunnajah.blogspot.com/2012/02/dunia-aanak-kreatif.html

 

One Comment

  • Miguel

    Selalu berkata jujur dan paatnng menyerah, walaupun sering melakukan kesalahan tapi tak pernah malu untuk meminta maaf dan terus berusaha untuk bisa menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*