Home   Artikel Terabaikannya Gambar Bercerita dalam Proses Belajar di Indonesia …

Terabaikannya Gambar Bercerita dalam Proses Belajar di Indonesia …

RZcomb1Pernahkah kita menyadari bahwa kemampuan anak bercerita dan menggambar lebih dulu mereka kuasai ketimbang kemampuan mereka dalam membaca dan menulis???
Lalu… apakah gambar sudah menjadi bagian proses belajar di PAUD, TK, Sekolah Dasar sampai Menengah Atas? Seberapa pentingkah menggambar dan bercerita pada proses pendidikan anak?

Menurut Luna Setiati dalam penelitiannya, pada prakteknya yang terjadi, dunia pendidikan kita lebih memfasilitasi dan menekankan pada proses literasi (membaca dan menulis), kalaupun ada gambar, sifatnya hanya penjelas tulisan atau cerita bergambar, bukan gambar bercerita (bahasa rupa)…..
…… “Fenomena budaya literasi adalah persoalan menarik yang perlu dicermati pada proses anak TK (4-6 tahun) belajar baca (prabaca). Pertama, kemampuan anak membaca untuk belajar memahami pesan tidak terfasilitasi. Kedua, gambar yang digunakan pada buku belajar baca anak tidak menggunakan bahasa rupa yang sama dengan bahasa rupa anak.” Aktivitas anak dalam menatap gambar bercerita dan menggambar cerita adalah aktivitas yang perlu dialami jauh sebelum anak bisa membaca dan menulis.

Lebih lanjut menurutnya, gambar bercerita memiliki kelebihan dalam mendorong anak untuk menceritakan kembali gambar yang ditatapnya dan mempercepat kemampuan membaca anak. Anak dapat menuturkan kata lebih banyak dibanding ia membaca kata (hasil penelitian menunjukkan anak TK A-B mampu menuturkan 3-7 adegan per layar gambar dalam 1 halaman dengan 14 kata, sementara dengan membaca tulisan anak hanya mampu menuturkan maksimal 5 kata). Penelitian ini menunjukkan dua fungsi gambar, gambar sebagai pembawa pesan aktif dan gambar menerangkan tulisan.

>>>Selengkapnya silahkan menyimak langsung paparannya pada acara Seminar Parenting Pendidikan “GAMBAR BERCERITA LEJITKAN KREATIFITAS ANAK” bersama Luna Setiati, Konsultan, Peneliti dan penulis buku, insyaallah akan diselenggarakan pada:
Minggu 24 Januari 2016 pkl.08.30 – 13.00. Hotel Bentani Cirebon…Silahkan daftar ..

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*